Secure Email Services

Setiap perusahaan pasti membutuhkan karyawan dalam menjalankan aktifitas bisnisnya. Untuk membuat proses administrasi yang terintegrasi dan tidak perlu melakukan input data karyawan dua kali maka perusahaan perlu membuat sistem informasi akuntansi berbasis ERP (Enterprise Resources Planning) yang mengintegrasikan Human Resources Management dengan proses bisnis lain yang meliputi siklus pendapatan, siklus produksi dan siklus penjualan.

Enam fungsi dari HRM (Human Resources Management ) adalah

  1. Perekrutan karyawan baru
    Perusahaan akan memasukkan daftar kandidat-kandidat. Kandidat-kandidat yang diterima akan dimasukkan ke dalam tabel karyawan.
  2. Training atau pelatihan
    Perusahaan yang tertata dengan baik akan memberikan pelatihan-pelatihan sesuai tugas yang akan diberikan.
    Aplikasi ERP yang terintegrasi akan mencatat setiap training yang sudah diberikan kepada setiap karyawan.
  3. Job Assignment
    Sesuai dengan struktur organisasi yang sudah dirancang perusahaan maka setiap karyawan akan diberikan tugasnya masing-masing.
  4. Payroll atau penggajian
    Pada payroll ini akan memproses penggajian mulai dari gaji pokok, tunjangan-tunjangan maupun potongan-potongan.
  5. Performance Evaluation atau evaluasi kinerja karyawan
    Aplikasi ERP juga akan mencatat hasil penilaian karyawan.
  6. Karyawan keluar dari perusahaan
    Aplikasi ERP juga akan memproses keluarnya karyawan baik karena mengundurkan diri maupun karena PHK atau Pemutusan hubungan kerja

Sistem yang tidak terintegrasi biasanya akan mengerjakan no 4 atau Payroll atau penggajian dalam sistem yang terpisah, kemudian ada sistem lain yang akan menjalankan perekrutan, training, job assignment, performance evaluation maupun saat karyawan keluar dari perusahaan.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Siklus Human Resources Management
× Ada yang dapat saya bantu ?