Secure Email Services

Kita mengetahui bahwa kita tidak bisa mengendalikan semua hal dalam kehidupan ini. Begitu juga perusahaan tentu tidak dapat mengendalikan secara sempurna 100% terhadap apa yang telah direncanakan. Sebagai manusia kita dapat membuat perencanaan dan pengaplikasian rencana, tetapi hasilnya pasti sedikit banyak pasti akan mendapati hal-hal yang tidak sesmpurna apa yang telah kita rencanakan.

Berkaitan dengan manajemen resiko atau dalam bahasa Inggrisnya Enterprise Risk Management ini, manajemen yang sangat profesional haruslah melakukan identifikasi atas event-event yang mungkin terjadi.  Berbagai event atau kejadian dapat mungkin terjadi, kemungkinan besar terjadi atau pasti terjadi.

Biasanya juga event yang pasti terjadi, kita tidak tahu kapan secara pasti akan terjadi.Event yang terjadi juga bisa menyebabkan serentetan event-event lain terjadi. Berbagai kejadian ini mungkin tidak berefek pada bisnis kita, bisa juga memberikan dampak negatif, bisa juga malah memberikan dampak positif bagi bisnis kita.

Kalau suatu event memberikan dampak positif tentu kita akan mengupayakan agar event ini terjadi. Kalau suatu event kita pikir tidak memberikan efek apa-apa mungkin kita membiarkan event ini terjadi. Kalau kita pikir event ini bisa memberikan efek negatif bagi perusahaan, maka kita akan mengupayakan agar event ini tidak terjadi, atau kalau tidak bisa dihindari kita akan mengupayakan penanggulangannya atau paling tidak mengurangi kerugian yang mungkin terjadi.

Untuk bisa memperkirakan event-event yang mungkin terjadi ini butuh wawasan yang luas. Kita mungkin perlu membaca buku-buku, mengikuti seminar-seminar dan juga memiliki kepekaan dalam memahami operasional internal perusahaan maupun hal-hal eksternal yang berpotensi mempengaruhi bisnis perusahaan kita.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Identifikasi event dalam manajemen resiko
× Ada yang dapat saya bantu ?