Secure Email Services

Perusahaan perlu menjaga data-data pribadi dari pelanggan dan data-data identitas dari supplier maupun rekan bisnis. Data-data yang penting ini antara lain nomor ktp, nomor kartu kredit, nomor NPWP dan seterusnya. Secara umum kita mengerti bahwa nomor-nomor identitas ini bisa disalahgunakan untuk mendapatkan pinjaman ataupun untuk aktivitas kriminal keuangan. Dengan demikian perusahaan perlu menjaga data-data identitas supaya tidak terjadi pencurian identitas.

Sebagai pribadi kita juga harus menjaga nomor KTP, nomor NPWP dan nomor kartu kredit dengan baik. Pastikan kita berhubungan dengan lembaga resmi yang ada kantornya,  jangan memberikan nomor-nomor tersebut misalnya untuk jasa Fintek yang tidak jelas.

Kita harus menghancurkan document-document yang tidak perlu misalnya formulir pengajuan pinjaman yang tidak jadi kita ambil. Pastikan dokumen dihancurkan dengan tidak bisa dibuat ulang lagi kalau perlu membeli alat penghancur dokumen yang memang dikhususkan menghancurkan dokumen. Untuk komputer yang kita jual atau kita sumbangkan kita harus menggunakan aplikasi penghapus data yang profesional.

Kita juga perlu menyimpan identitas-identitas ini dengan baik dan aman. Pastikan orang tidak mudah mendapatkan nomor identitas kita. Untuk mengantisipasi kehilangan kartu identitas, silahkan mencopy atau menscan kartu identitas kita untuk keperluan backup. Jika kita kehilangan kartu kredit, segera telpon bank anda dan minta diblokir.

Itulah beberapa hal yang bisa memberikan pertimbangan kepada kita mengenai pentingnya kartu identitas kita dan bagaimana menjaga supaya tidak jatuh ke  tangan orang jahat. Pastikan kita memiliki budaya sadar keamanan kartu identitas.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Pencegahan pencurian identitas
× Ada yang dapat saya bantu ?