Secure Email Services

Salah satu bagian dari membangun budaya sadar keamanan sistem informasi perusahaan adalah dengan mengandakan pelatihan atau training berkenaan dengan keamanan sistem informasi. Di sini perusahaan membuat simulasi mengenai kelakuan yang diperlukan dalam pengamanan sistem informasi.

Contoh simulasi yang bisa diadakan adalah mengenai penyimpanan password. Ada simulasi bahwa menyimpan password pada pos it adalah tindakan pelanggaran sistem keamanan. Di sini harus disimulasikan dengan jelas bahwa praktek tersebut adalah salah.

Simulasi dilanjutkan dengan ada orang yang berpura-pura bagian administrasi perusahaan dan menanyakan username dan password. Di sini bisa disimulasikan orang tersebut memberikan username dan password dan tentu saja perusahaan menegaskan bahwa hal tersebut tidak dibenarkan perusahaan,

Simulasi yang lain adalah seorang karyawan kedatangan orang tuanya. Orang tuanya dibawa ke ruangan yang sebenarnya tidak diperbolehkan dimasuki oleh pihak luar.  Simulasi dilanjutkan dengan adanya teman dari direktur utama yang datang dan mau melihat-lihat ke ruangan komputer yang biasanya tidak diperbolehkan selain bagian keuangan. Di sini tentu saja teman direktur tersebut tidak diperbolehkan masuk.

Berkaitan dengan penggunaan email, pengguna harus menganalisa setiap email. Jangan membuka sembarang attachment yang tidak jelas ekatensionnya. Jangan membuka email dari yang tidak diketahui pengirimnya. Jangan mudah terpancing dengan email yang berpura-pura dari pihak berwenang yang sebenarnya tidak jelas keabsahannya.

Kita bisa melanjutkan dengan simulasi-simulasi yang lain sesuai kebutuhan perusahaan. Simulasi-simulasi ini tentu saja harus diteruskan untuk karyawan-karyawan yang baru masuk ke perusahaan.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Pelatihan keamanan sistem informasi
× Ada yang dapat saya bantu ?