Secure Email Services

Kita telah membahas database design dalam tahapan physical systems design pada pengembangan sistem dengan SDLC (System Development Life Cycle). Setelah merancang database maka kita melanjutkan dengan input design atau perancangan bagaimana data dimasukkan ke dalam aplikasi sistem informasi akuntansi kita atau sistem ERP kita.

Dengan berkembangnya teknologi maka pemasukan data ke aplikasi software lebih cenderung menggunakan form yang ada di layar komputer atau layar laptop dibandingkan dengan form yang dicetak kemudian baru dientry. Penggunaan form yang dicetak ini memang kurang efisien karena orang harus mengisi form cetak secara manual kemudian dientry ulang oleh staf ke system. Dengan demikian jika  memungkinkan kita mengusahakan untuk langsung mengentry data langsung ke sistem informasi dibandingkan melakukan dua kali mengisi form cetak dan mengisi form online.

Kelebihan menggunakan form yang ada di aplikasi kita adalah

  1. Kita dapat mengelompokkan form-form pengisian sehingga mudah mengisinya
  2. Kita dapat mengambil data-data yang sudah ada dengan data kunci misalnya mengambil data pelanggan, data barang, data vendor dan lain sebagainya
  3. Form disertai dengan pengecekan-pengecekan data dan pengecekan-pengecekan pengisian sehingga kemungkinan kesalahan dalam input data bisa dikurangi
  4. Kita dapat menggunakan barcode scanner untuk mempercepat proses input data dan juga mengurangi kesalahan

Demikianlah penjelasan mengenai input design pada physical systems design pada pengembangan system aplikasi dengan metode SDLC.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Input Design pada Physical Systems Design SDLC
× Ada yang dapat saya bantu ?