Secure Email Services

Setelah kita membahas mengenai pengawasan dan pengamanan sistem payroll maka kita akan membahas mengenai apa saja masukan dan keluaran sistem payroll ini.

Masukan atau input dari sistem payroll adalah:

  1. Departemen sumber daya manusia
    Dari departemen sumber daya manusia ini akan memberikan input mengenai rekruitmen karyawan, kenaikan gaji karyawan , perubahan tunjangan karyawan dan juga informasi keluarnya karyawan dari perusahaan. Masukan-masukan ini tentu akan dipakai payroll dalam mempersiapkan dan mencairkan gaji karyawan.
  2. Karyawan
    Karyawan dapat mengajukan asuransi yang dipilih dan akan digunakan oleh payroll sebagai acuan sebagai potongan gaji karyawan.
  3. Berbagai departemen
    Berbagai departemen akan mengirimkan informasi mengenasi presensi karyawan. Presensi karyawan ini dapat dilakukan secara otomatis dengan mesin finger print. Tetapi tentu saja ada proses manual lain misalnya attendant review dan juga persetujuan cuti akan dijadikan sistem payroll dalam mempersiapkan dan mencairkan gaji karyawan.
  4. Pemerintah
    Kita tahu bahwa pemerintah menerapkan pajak penghasilan PPH 21 kepada karyawan. Dari informasi cara perhitungan yang ditetapkan pemerintah maka sistem payroll akan menggunakannya dalam mempersiapkan dan mencairkan gaji karyawan.
  5. Perusahaan asuransi
    Perusahaan asuransi yang bekerja dengan perusahaan akan memberikan informasi perhitungannya. Dari informasi ini kemudian dijadikan acuan bagi sistem payroll dalam menyiapkan dan mencairkan gaji karyawan.

 

Sedangkan keluaran atau output dari sistem payroll adalah

  1. Departemen sumber daya manusia
    Departemen sumber daya manusia dapat memantau proses penyiapan payroll dan pencairan gaji karyawan.
  2. Karyawan
    Sistem informasi akuntansi yang terintegrasi dengan operasioal dapat memberikan slip gaji secara otomatis. Karyawan juga dapat melihat data-data history gaji dan tunjangan yang selama ini didapatkan.
  3. Berbagai departemen
    Departemen-departemen dapat melihat laporan mengenai tingkat kehadiran karyawan-karyawan yang bekerja pada departemennya.
  4. Pemerintah
    Keluaran dari sistem payroll dapat dijadikan sebagai acuan pelaporan perpajakan baik pajak penghasilan perusahaan maupun perpajakan pajak penghasilan karyawan.
  5. Perusahaan asuransi
    Perusahaan dapat mengirimkan bukti pembayaran premi asuransi kepada perusahaan asuransi yang bekerjasama dengan perusahaan.
  6. Bank
    Sistem payroll akan memberikan file yang memberikan instruksi kepada bank mengenai pembayaran pencairan gaji karyawan

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Masukan dan keluaran sistem payroll
× Ada yang dapat saya bantu ?