Secure Email Services

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai pengertian dari ERM yaitu pengertian mengenai Enterprise Risk Management. Salah satu hal penting dalam pengendalian resiko ini adalah lingkungan internal perusahaan. Lingkungan internal perusahaan yang kondusif akan lebih berperan lebih dalam melakukan manajemen resiko dalam perusahaan.  Perusahaan dengan lingkungan internal atau internal environment yang baik akan memiliki peluang lebih baik dalam menangkap peluang dan meminimalkan resiko dibanding perusahaan dengan lingkungan internal yang kurang baik.

Beberapa hal yang termasuk dalam lingkungan internal perusahaan adalah

  1. Filosofi dari manajemen
    Dalam mendirikan perusahaan, pendiri yang baik akan membuat visi misi perusahaan dan juga filosofi yang dijalankan. Pendiri perusahaan yang baik dapat memprediksi masa depan, menangkap peluang, melihat visi dan mengimplementasikan visi misi  ini ke dalam perusahaan. Dalam penentuan visi misi perusahaan ini tentu filosofi perusahaan juga akan dicantumkan
  2. Nilai etis yang dianut perusahaan
    Setelah menentukan filosofi perusahaan, perusahaan yang baik akan menentukan nilai-nilai etis yang akan dijalankan perusahaan. Nilai-nilai etis ini tentu harus diikuti oleh semua bagian dari perusahaan mulai dari direktur, manajer maupun karyawan biasa.
  3. Keseriusan board of director dalam melakukan pemantauan manajemen
    Keseriusan para direktur dalam melakukan pemantauan manajemen akan menentukan sampai seberapa manajemen mengerjakan visi misi perusahan dan obyektif yang telah ditetapkan oleh BOD (Board Of Director)
  4. Struktur organisasi
    Perusahaan yang tertata baik pasti memiliki struktur organisasi yang jelas. Dengan struktur organisasi yang jelas ini maka pembagian pekerjaan dan tanggung jawab menjadi jelas sehingga proses bisnis perusahaan dapat berjalan dengan lancar.
  5. Pendelegasian otoritas
    Pendelegasian otoritas yang baik juga akan menambah pengendalian internal yang baik. Di sini perusahaan perlu memiliki jalur komando dan jalur otoritas yang jelas
  6. Standart departemen SDM dalam melakukan rekruitmen
    Proses rekruitmen yang dilakukan departemen SDM (Sumber Daya Manusia) juga merupakan faktor yang mempengaruhi lingkungan internal. Proses rekruitmen yang rapi, bersih dan fair akan menghasilkan karyawan-karyawan yang memiliki attitude sesuai etika perusahaan dan tentu saja memiliki keahlian sesuai kebutuhan perusahaan.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Lingkungan internal perusahaan
× Ada yang dapat saya bantu ?