Secure Email Services

Bahasa Indonesia dari inventory turnover adalah perputaran inventory. Perusahaan dagang tentu mengambil keuntungan kotor dengan menaikkan harga penjualan di atas harga pembelian. Dengan demikian makin banyak jumlah barang yang dijual maka perusahaan makin untung, makin banyak kas yang masuk dengan catatan penagihan lancar dan perusahaan memiliki cukup uang untuk membiayai operasinal perusahaan dan juga memberi kesempatan perusahaan untuk dapat bertumbuh.

Untuk dapat terus menjual barang kepada perusahaan maka perusahaan akan membeli barang kepada supplier, menjual kepada pelanggan, membeli lagi kepada supplier, menjual lagi kepada pelanggan, demikian seterusnya. Dengan demikian maka kita melihat suatu perputaran dan inilah yang disebut perputaran inventory atau dalam bahasa Inggris disebut inventory turnover.

Supaya perusahaan makin untung maka harus memperbanyak penjualan. Untuk memperbanyak penjualan maka kita harus mempercepat perputaran inventory atau dengan kata lain meningkatkan rasio inventory turnover. Perusahaan perlu memikirkan langkah-langkah yang tepat untuk meningkatkan rasio inventory turnover. Perusahaan perlu memikirkan strategi harga yang tepat agar rasio turnover tinggi dengan keuntungan yang tentu tinggi pula.

Sistem informasi akuntansi yang baik harusnya bisa menyajikan rasio inventory turnover ini dengan cepat. Secara matematis rasio inventory turnover ini adalah sebagai berikut:

inventory turnover ratio = sales / rata-rata inventory .

Sedangkan rata-rata inventory ini adalah (inventory awal + inventory akhir/2.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Indikator penting dari inventory turnover
× Ada yang dapat saya bantu ?