Secure Email Services

Kita telah membahas pembaruan buku besar atau pembaruan general ledger. Ada dua sumber pembaruan buku besar yaitu sub sistem siklus akuntansi dan manual journal. Pada setiap sub sistem siklus akuntansi telah dibuat serangkaian pengecekan input melalui program dilanjutkan dengan pembuatan jurnal yang otomatis dan kemudian update buku besar yang dilakukan secara otomatis. Karena banyak proses yang dilakukan secara otomatis maka pembuatan jurnal akan akurat, hasil pada general ledger akan akurat tentu saja selama input awal juga akurat.

Untuk manual journal dilakukan secara manual jadi memerlukan kehati-hatian. Di sini kita perlu melakukan pengawasan pada manual jurnal entry.  Kita perlu melakukan pengawasan jurnal entry manual dengan

  1. Memastikan setiap akun yang dimasukkan ada dan benar
  2. Memastikan nilai transaksi adalah angka
  3. Memastikan jumlah transaksi debit sama dengan jumlah transaksi credit
  4. Memastikan semua referensi informasi terkait jurnal entry manual ini lengkap
  5. Memastikan penjelasan lengkap dan benar
  6. Memastikan ada pengecekan otomatis pada saat entry untuk memberi tahu apa yang masih kurang dalam entry manual ini
  7. Dianjurkan ada preview hasil posting pada manual journal ini untuk memastikan manual journal entry ini akurat

Selain ketujuh hal di atas maka perlu juga dilakukan sistem approval sehingga ada karyawan lain yang melakukan pengecekan ulang atas manual jurnal ini sehingga akan menghidarkan kesalahan manual jurnal baik yang diakibatkan karena kelalaian maupun diakibatkan karena kesengajaan melakukan pencurangan data keuangan perusahaan.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Pengawasan manual journal entry
× Ada yang dapat saya bantu ?