Secure Email Services

Meskipun EUC atau End User Computing dapat dibuat secara cepat dan murah tetapi tentu memiliki kekurangan-kekurangan dibandingkan dikerjakan oleh sotware developer yang sudah belajar baik-baik dalam pengembangan aplikasi.

Kekurangan-kekurangan dalam EUC (End User Computing) adalah

  1. Logika yang salah dalam pemrograman
    Pengguna EUC biasanya tidak pernah belajar mengenai pembuatan program sehingga sangat mungkin membuat logika yang salah dalam baris-baris pemrogramannya. Kesalahan kecil dalam logika pemrograman bisa berakibat fatal dalam output yang dihasilkan.
  2. Tidak melakukan testing secara memadai
    Pengguna EUC yang tidak belajar mengenai sistem pengembangan aplikasi kemungkinan tidak menganggap penting testing aplikasi. Padahal dalam dunia nyata pemrograman kadang-kadang ada beda data penanganan dengan data yang berbeda, misalnya bagaimana jika pengurangan menyebabkan nilai di bawah 0.
  3. Sistem yang tidak efisien
    Pengguna EUC yang tidak mempelajari pengembangan aplikasi kemungkinan akan copy paste source code atau mengerjakan coba-coba atau trial dan error sehingga sistem menjadi tambal sulam dan tentu tidak efisien
  4. Buruknya perlindungan sistem
    Pengguna EUC yang tidak belajar baik-baik pemrograman kemungkinan tidak sempat memikirkan bagaimana melindungi sistem dari akses ataupun perubahan yang berbahaya.
  5. Buruknya dokumentasi
    Pengguna EUC  pasti malas membuat dokumentasi karena merupakan tugas yang membosankan. Padahal dokumentasi penting supaya pengguna lain dapat mempelajari dan menggunakan program dengan baik.
  6. Buruknya kompatibilitas
    Pengguna yang tidak belajar information technology  tentu tidak memikirkan bagaimana hubungan program yang dibuat dengan aplikasi lain yang diperlukan.
  7. Duplikasi data
    Karena banyaknya pengguna yang melakukan pembuatan sendiri maka sangat mungkin ada duplikasi data di mana-mana karena tentu tidak ada koordinasi yang baik dalam pembuatan program dalam EUC ini
  8. Pembengkakan biaya
    Bisa dibayangkan jika organisasi semakin besar dan masing-masing divisi membuat program sendiri maka perusahaan akan mengalami kesulitan dalam mengintegrasikan dan tentu akan menyebabkan pembelian hardware dan software yang banyak baik dari segi variasi, jumlah maupun biaya

Itulah kekurangan-kekurangan EUC di mana sebaiknya perusahaan jangan mengembangkan EUC. Perusahaan sangat dianjurkan mencari vendor yang siap mengimplementasikan sistem ERP bagi perusahaaannya.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Kekurangan EUC (End User Computing)
× Ada yang dapat saya bantu ?