Secure Email Services

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai employee turnover dan produktifitas. Ternyata pada karyawan yang betah bekerja akan menurunkan turnover dan akan meningkatkan produktifitas. Dari segi biaya ternyata menangani karyawan yang masuk dan keluar lebih mahal dibandingkan memelihara karyawan yang dapat berkerja baik.  Pada pembahasan kali ini kita akan meneruskan pembahasan mengenai hubungan kepuasan karyawan dalam bekerja dan juga kepuasan pelanggan.

Kepuasan karyawan dalam bekerja akan membuat dia menikmati pekerjaannya. Dengan manajemen sumber daya manusia yang baik maka karyawan akan diajarkan mengenai big picture atau gambaran besar mengenai apa yang dikerjakan perusahaan. Pada big picture ini maka karyawan akan melihat bahwa pelanggan merupakan bagian yang penting bagi perusahaan karena dari pelanggan inilah perusahaan menerima pesanan penjualan dan tentu saja pelanggan akan membayar perusahaan sesuai jasa dan produk yang dijual ke pelanggan.

Dengan melihat peran pelanggan dalam menghidupi perusahaan, maka karyawan yang menikmati pekerjaannya akan berusaha melayani pelanggan dengan baik. Pelanggan yang dilayani dengan baik memiliki peluang mendapat kepuasan layanan perusahaan dan terus membeli produk dan jasa dari perusahaan kita. Dengan penjelasan ini maka kepuasan karyawan akan mempengaruhi kepuasan pelanggan dan tentu saja mempengaruhi arus kas perusahaan. Tentu saja kita berharap yang positif yaitu karyawan puas kemudian pelanggan puas dan perusahaan bertumbuah.

Supaya karyawan dapat puas dengan pekerjaannya tentu saja mencakup mengenai kesejahteraanya. Meskipun demikian kesejahteraan saja tidak cukup membuat karyawan merasa nyaman dengan pekerjaannya. Perusahaan perlu memikirkan lingkungan bekerja yang nyaman secara fisik, lingkungan sosial dalam pekerjaan, dan kesempatan berkembang dalam perusahaan.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Kepuasan karyawan dan kepuasan pelanggan
× Ada yang dapat saya bantu ?