Secure Email Services

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai penyimpanan data transaksi keuangan. Kita akan melanjutkan pembahasan mengenai konsep penyimpanan data pada komputer.

Pada Sistem Informasi Akuntansi ini kita memiliki entitas-entititas. Entitas-entitas ini antara lain pelanggan, vendor, karyawan, barang dan lain-lain. Kemudian tiap-tiap entitas ini memiliki atribut-atribut, sebagai contoh pelanggan memiliki atribut nama pelanggan,  alamat, jumlah piutang dan seterusnya.

Entitas-entitas ini disimpan dalam tabel. Setiap tabel memiliki banyak record atau banyak baris data. Tiap record ini memiliki atribut yang biasa digambarkan sebagai kolom. Atribut-atribut dalam entitas ini jarang diperbarui kecuali beberapa field misalnya jumlah pembayaran dan jumlah piutang. Tabel-tabel entitas ini juga disebut master file.

Transaksi yang terjadi saat perusahaan menjalankan aktivitasnya juga disimpan dalam tabel-tabel transaksi. Untuk memudahkan dalam analisa data, dan supaya cepat dalam pengaksesan data, data transaksi ini disimpan dalam tabel detail transaksi dan juga resume transaksi. Resume transaksi ini bisa berdasarkan waktu maupun berdasarkan entitas.

Tabel-tabel yang beinterakasi satu sama lain baik tabel master maupun tabel transaksi ini dikumpulkan secara integratif dalam database.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Konsep penyimpanan data komputer
× Ada yang dapat saya bantu ?