Secure Email Services

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai hirarki dalam database. Di situ kita mempelajari secara logis dari database.  Selain pemahaman secara logical, ada juga pemahaman database secara fisik

Pembahasan secara umum dan terus-menerus pada database adalah pemahaman secara logis. Kita memahami ada tabel pelanggan, tabel pengguna, data transaksi penjualan dan sebagainya. Memang benar itu pemahaman secara logis dari database. Pemahaman ini merupakan pemahaman umum pengguna database yang mereka akses biasanya melalui aplikasi.

Pada aplikasi ini pengguna memahami view database secara logical dengan mengisi form, melihat data transaksi maupun melihat report-report yang dihasilkan. Inilah pemahaman logicalview dari database secara umum di mana pengguna melihat database secara logical tanpa harus tahu di mana mereka menyimpan database secara fisik.

Bagi departemen IT (Information Technology), mereka harus mengetahui secara fisik database disimpan karena merekalah yang melakukan pemeliharaan database. Dengan mengetahui secara fisik dari database digunakan mereka dapat merancang menaikkan kinerja database pada saat jumlah data semakin besar ataupun pada saat pengguna semakin banyak.

Dengan memahami physical view dari database maka staf IT dapat melakukan backup untuk meminimalisasi resiko jika terjadi bencana yang tidak diduga.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Melihat secara logis dan fisik database
× Ada yang dapat saya bantu ?