Secure Email Services

Data data yang termasuk tabel master adalah tabel barang, tabel pelanggan, tabel vendor, tabel harga barang dan seterusnya. Perusahaan perlu menjaga agar data ini benar dengan demikian perlu pencatatan mengenai setiap altivitas berkaitan dengan tabel master.

Untuk mencegah terhadap perubahan yang bisa berakibat fatal maka perusahaan perlu memberikan sistem prosedur mengenai perubahan data misalnya siapa yang bertanggung jawab mengenai tabel harga jual barang.

Selain sistem prosedur yang diterapkan dalam menjaga validitas data master maka sistem informasi akuntansi harus mencatat mengenai perubahan data yang ada pada tabel master tersebut. Di sini sistem informasi akuntansi harus dapat mencatat data apa yang berubah, siapa yang merubah, kapan melakukan perubahan dan dari device mana ia melakukan perubahan.

Bagaimana dengan penghapusan salah satu data dalam tabel master? Di sini sistem informasi tidak akan benar-benar menghapus data tersebut tetapi hanya akan memberikan suatu flag misal fl_deleted yang isinya adalah 1.

Karyawan perlu mengetahui mengenai pencatatan perubahan data yang ada di tabel master supaya mereka berhati-hati dalam mengakses dan melakukan perubahan pada tabel master.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pentingnya pencatatan perubahan pada tabel master.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Mencatat perubahan tabel master
× Ada yang dapat saya bantu ?