Secure Email Services

Setelah kita memahami bahwa menggunakan aplikasi ERP yang sudah jadi lebih menguntungkan baik secara ekonomi maupun segi praktis penerapannya bagi perusahaan maka perusahaan dapat mengundang vendor-vendor yang memiliki aplikasi ERP yang sudah jadi dan siap diimplementasikan ke dalam perusahaan.

Perusahaan kemudian mencari calon-calon vendor yang memiliki aplikasi ERP yang sudah jadi. Untuk mendapatkan kandidat vendor ini kita bisa mendapatkan dari referal, dari pameran-pameran, dari majalah-majalah khusus industri atau mencarinya di internet.

Perusahaan perlu mencari vendor-vendor yang berpengalaman dan dapat menerapkan kriteria-kriteria antara lain

  1. Memiliki produk ERP yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan
  2. Berpengalaman dalam penerapan ERP
  3. Memiliki dukungan atau support yang baik dan berkelanjutan

Langkah selanjutnya adalah perusahaan membuat RFP request for proposal. Pada RFP ini berisi detail mengenai kebutuhan-kebutuhan  aplikasi yang ada di ERP.  Vendor-vendor kemudian diminta untuk mengirimkan proposalnya.

Keuntungan pembuatan RFP adalah

  1. Menghemat waktu dengan memberikan informasi yang sama kepada semua kandidat vendor
  2. Menyederhanakan pengambilan keputusan karena semua vendor akan memberikan jenis proposal yang sama
  3. Karena spesifikasi kebutuhan sudah detail maka kemungkinan kesalahan dapat dikurangi
  4. Mencegah terjadinya kesalahpahaman karena adanya kesamaan pengertian dan harapan

Pada tahap ini, makin detail dan makin jelas RFP akan membantu vendor dalam menyusun proposal sesuai kebutuhan perusahaan.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Mengundang Vendor Aplikasi ERP
× Ada yang dapat saya bantu ?