Secure Email Services

Pada industri manufaktur kita mengenal MRP II atau Manufacturing Resources Planning. Dari istilahnya kita dapat memahami bahwa MRP II ini merupakan pengembangan Material Requisitions Planning yang sebelumnya kita sudah bahas pada siklus pembelian.

MRP II ini akan menyeimbangkan kapasitas produksi dan kebutuhan bahan baku. Pengaturan proses produksi dalam MRP II ini merupakan proses produksi yang didasarkan kepada perkiraan kebutuhan pelanggan. Bagian produksi akan menganalisa perkiraan kebutuhan pelanggan, melihat stok yang ada kemudian membuat jadwal produksi. MRP II ini juga dikenal dengan push manufacturing karena barang yang diproduksi didorong dari perkiraan kebutuhan pelanggan. Jadi dari apa yang dihasilkan oleh manufacturing kemudian mempush team sales dan marketing untuk segera melakukan aktivitas pemasaran dan penjualan mengenai barang yang sudah diproduksi di siklus produksi ini.

Dari jadwal produksi ini kemudian akan menghasilkan kebutuhan bahan baku. Kebutuhan bahan baku ini kemudian dibandingkan dengan stok bahan baku yang ada kemudian selisihnya merupakan bahan baku yang harus dibeli dari supplier. Informasi kebutuhan bahan baku ini kemudian dibagikan kepada supplier supaya supplier menyiapkan kebutuan-kebutuhan bahan baku tersebut.

Perancangan perencanaan proses produksi dengan MRP II ini merupakan antisipasi kebutuhan pelanggan dalam suatu periode tertentu misalnya 12 bulan. Di sini MRP II akan membuat perencanaan proses produksi dalam 12 bulan ke depan dan menghasilkan rencana produksi bulanan hingga rencana produksi mingguan.

Dari informasi rencana produksi bulanan ini maka kita dapat menarik kebutuhan bahan baku bulanan yang kita perlukan dari supplier. Informasi kebutuhan bahan baku bulanan yang kita butuhkan dari supplier ini kemudian kita bagikan kepada supplier supaya supplier dapat menyediakan bahan baku tersebut sesuai jadwal yang sudah kita informasikan.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi https://en.wikipedia.org/wiki/Manufacturing_resource_planning .

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Pengertian MRP II
× Ada yang dapat saya bantu ?