Secure Email Services

Kita sudah banyak membicarakan mengenai siklus pendapatan perusahaan dalam sistem informasi akuntansi. Salah satu proses bisnisnya adalah penagihan atau invoicing kepada pelanggan. Ada dua macam penagihan yaitu open invoice dan balance forward.

  1. Open invoice
    Pada open invoice ini perusahaan akan membuat beberapa tagihan sesuai transaksi yang dilakukan. Sebagai contoh perusahaan akan membuat tagihan pembuatan website dan tagihan maintenance website pada invoice atau tagihan yang berbeda. Kemudian pada saat menerima pembayaran dari pelanggan maka pembayaran akan diterapkan sesuai invoice yang telah dikeluarkan.
  2. Balance forward
    Pada balance forward invoice ini maka semua tagihan dan pembayaran dari pelanggan akan dijadikan satu dan menghasilkan satu balance. Tagihan-tagihan akan dijumlahkan, kemudian pada saat pelanggan melakukan pembayaran maka akan diterapkan pada jumlah seluruh tagihan tersebut. Jadi pada saat terjadi tagihan maka akan menambah balance tagihan, pada saat pelanggan melakukan pembayaran maka akan mengurangi balance tagihan.

Metode open invoice dilakukan oleh perusahaan-perusahaan kecil dan menengah di mana jumlah pelanggan maupun transaksi bisa diperiksa secara manual. Di sini perusahaan-perusahaan yang menggunakan metode invoice ini tetap menggunakan aplikasi sistem informasi akuntansi, tetapi setiap pembayaran dari pelanggan diposting ke setiap invoice pelanggan secara manual. Open invoice ini cocok untuk penagihan antar perusahaan di mana jumlah tagihan tidak banyak tetapi nilai nominal rupiahnya besar.

Untuk metode balance forward dilakukan oleh perusahaan-perusahaan di layanan jasanya memiliki standarisasi yang jelas misalnya perusahaan telekomunikasi, internet service provider, perusahaan pengelolaan air minum, layanan kartu kredit dan sebagainya. Perusahaan ini biasanya memiliki layanan yang sangat terstandarisasi dengan ribuan atau jutaan pelanggan yang posting pembayarannya tidak mungkin dilakukan secara manual. Pada perusahaan-perusahaan ini biasanya bekerjasama dengan perbankan atau jasa financial technology lainnya di mana setiap transaksi pembayaran dari pelanggan langsung secara otomatis mengupdate ke sistem informasi akuntansi perusahaan. Metode balance forward ini cocok untuk banyak transaksi tetapi dengan nilai nominal rupiah yang kecil.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Open invoice dan balance forward invoice
× Ada yang dapat saya bantu ?