Secure Email Services

Seperti halnya pepatah start from end, maka dalam pengembangan aplikasi menggunakan SDLC (System Development Life Cycle) menerapkan output design pada tahap physical systems designnya. Tujuan dari output design ini adalah menentukan nature, format, isi, periode waktu report, dokumen yang dicetak dan juga report pada layar monitor atau tampilan pada layar laptop.

Output atau report ini ada empat kategori yaitu

  1. Scheduled report
    Pada scheduled reports ini kita akan merancang report-report apa yang akan dikeluarkan pada waktu-waktu yang tertentu. Secara umum laporan keuangan seperti income statement, neraca, laporan modal dan laporan arus kas adalah laporan yang disampaikan atau dicetak pada waktu-waktu tertentu misalnya akhir bulan.
    Ada juga laporan penjualan per bulan, laporan pembelian per bulan, laporan penjualan mingguan dan lain sebagainya yang akan disajikan secara bulanan maupun mingguan.
  2. Special purpose report
    Pada special purpose ini kita merancang laporan yang akan disajikan sesuai permintaan dari manajemen.
  3. Exception report
    Seperti namanya perkecualian, maka exception report ini akan menyajikan report pada saat suatu ketidaknormalan terjadi
  4. Demand report
    Demand report ini dirancang untuk melayani kebutuhan report sesuai kebutuhan.

Designer perlu membuat contoh report dan meminta user untuk mengevaluasi apakah output tesebut sudah sesuai dengan kebutuhan user. Untuk report yang sudah disetujui oleh user, ada baiknya user memberikan tanda tangan supaya kebutuhan tidak berubah-ubah.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Output Design pada Physical Systems Designs SDLC
× Ada yang dapat saya bantu ?