Secure Email Services

Tanpa perencanaan produksi yang matang maka perusahaan dalam memproduksi barang jadi dapat mengalami over production dan under production. Keadaan over production akan menyebabkan tumpukan barang jadi  di gudang banyak dan menyebabkan biaya penyimpanan barang tinggi dan juga meningkatkan resiko barang yang ditumpuk akan menjadi rusak. Dampak lain dari over production adalah masalah aliran kas karena mungkin saja sudah banyak kas yang dikeluarkan untuk mebeli bahan baku sedangkan aliran dana masuk macet karena barang tidak terjual dan tentu saja tidak ada aliran pembayaran kas dari pelanggan.

Sedangkan masalah yang terjadi jika under production adalah banyak  kegagalan dalam penjualan karena tidak dapat memenuhi pesanan pelanggan. Akibat negatif dari masalah under production terasa untuk produk produk yang merupakan trend pendek seperti baju. Pada contoh ini baju harus dijual pada saat yang tepat, jika pada saat trend terjadi banyak permintaan tetapi kurang produksi maka terjadi under production, sebaliknya jika dijual pada saat tidak trend maka akan terjadi over production.

Inilah tantangan dalam  dunia manufaktur yang kemudian melahirkan pentingnya PPIC atau Production Planning dan Inventory Control. Di sini staf PPIC akan mengolah sales forecast dan inventory yang ada di gudang untuk menentukan jumlah barang yang diproduksi dalam sebuah timetable. Dari informasi sales forecast dan inventory ini maka staf PPIC membuat MPS atau Master Production Schedule. Dengan cara ini maka jumlah barang yang diproduksi akan dikendalikan untuk mencegah over production dan mencegah under production. Dalam sistem informasi akuntansi yang canggih kita dapat membuat Master Production Schedule secara otomatis dan tentu saja kita perlu membuat penyesuaian-penyesuan yang diperlukan.

Pertimbangan yang lain adalah kita harus mempertimbangkan tingkat kerusakan atau defect rate dari barang jadi yang dibuat. Hal ini dapat dilihat dari sales return yang yang dilaporkan dalam sistem informasi akuntansi. Jumlah sales return ini tentu kita perhitungkan dalam penambahan kuantitas barang yang akan diproduksi.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Mencegah over production dan under production
× Ada yang dapat saya bantu ?