Secure Email Services

Dalam perdagangan kita mungkin mengenal transaksi titip barang untuk dijual atau konsinyasi. Bagaimanakah kita membukukan dalam Ultima ERP ini dari sisi pemberi konsinyasi atau principal ?

Pada Ultima ERP ini kita memiliki event Sales Order, Sales Item, Sales Delivery, Sales Return, Sales Invoice dan Sales Payment. Pada Ultima ERP ini kita memasukkan transaksi konsinyasi ke dalam Sales Order dan mengaktifkan tanda bahwa Sales Order ini merupakan transaksi konsinyasi. Transaksi kemudian dilanjutkan dengan Sales Delivery.

Sesuai kesepakatan maka dalam waktu yang ditentukan toko penerima konsinyasi akan mengembalikan barang-barang yang tidak bisa dijual oleh toko tersebut. Transaksi ini kemudian kita terima sebagai Sales Return. Setelah Sales Return ini maka kita menganggap bahwa barang-barang yang tidak direturn akan dianggap berhasil dijual. Kita sebagai principal akan mengeluarkan Sales Invoice untuk barang-barang yang tidak direturn ini. Dari Sales Invoice ini kemudian dilanjutkan dengan Sales Payment seperti biasanya.

Pada konsinyasi ini maka catatan barang dagangan akan berkurang pada saat Sales Delivery dan tentu akan bertambah saat terjadi Sales Return. Untuk memantau transaksi konsinyasi ini kita dapat membandingkan Amount Delivery – Amount Billed baik pada Sales Order dan Sales Item. Kita juga dapat memecah pemantauan baik transaksi konsinyasi maupun tidak.

Untuk pemantauan barang-barang yang dikonsinyasikan pada toko adalah selisih qty_delivery_net – qty_billed pada Sales Item tipe konsinyasi. Selisih ini  merupakan jumlah barang konsinyasi yang ada pada toko tersebut.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Proses bisnis konsinyasi di sisi pemberi konsinyasi
× Ada yang dapat saya bantu ?