Secure Email Services

Dalam merancang produk kita perlu memilih bahan-bahan yang sedapat mungkin mudah didapatkan supaya memudahkan dalam pengadaan di pembelian maupun pemeliharaan di gudang. Engineer perlu juga memikirkan komponen alternatif dari suatu produk supaya produksi tidak mengalami kesulitan jika terjadi kesulitan mendapatkan salah satu bahan baku. Penggunaan komponen yang unik akan membuat kesulitan tersendiri jika ternyata komponen tersebut sulit didapatkan.

Pada tahap purna jual perusahaan juga perlu memperhatikan barang yang dikembalikan pelanggan karena rusak. Di sini kita perlu menelusuri komponen mana yang rusak dan mencari penyebabnya. Setelah kita menemukan komponen-komponen mana yang sering rusak maka kita mengambil langkah perbaikan dan penyempurnaan produk agar lebih berkualitas dengan harga yang dapat dijangkau pelanggan-pelanggan kita.

Dalam dunia jasa sebenarnya kita harus merancang hal tersebut. Sebagai contoh pembuatan website, jika kita mencari client yang permintaannya custom maka kita membutuhkan web designer dan web programmer senior dan ini membuat biaya bulanan tinggi. Dampak lain adalah perusahaan juga sangat tergantung kepada web designer dan web programmer tinggi.

Sangat berbeda jika kita bisa membuat standarisasi pembuatan website. Web designer mengikuti standarisasi yang sudah dibuat dan kita tidak perlu mencari web designer yang senior. Di sini kita juga tidak akan kesulitan mencari web designer untuk melakukan regenerasi karena kita sudah membuat standarisasi. Dampak kebaikan yang lain adalah client mengikuti standar kita, client bisa dipandu agar pembuatan cepat selesai dan tentu saja mempercepat pembayaran.

Hal yang sama terjadi jika kita menjalankan usaha software house. Jika kita mengikuti kemauan pelanggan maka programmer kita harus mengikuti, di sini kita juga membutuhkan programmer senior dan tentu biaya bulanan cukup tinggi dan cukup banyak tantangan dalam melakukan regenerasi programmer. Ada baiknya jika kita mempelajari proses bisnis aplikasi yang kita jual, membuat standarisasi pemrograman dan menjual aplikasi kita ke pelanggan-pelanggan yang merupakan target pasar dari aplikasi kita.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Pemilihan komponen produk
× Ada yang dapat saya bantu ?