Secure Email Services

Saat aktivitas bisnis perusahaan dimasukkan ke dalam Sistem Informasi Akuntansi, data tersebut harus dipelihara supaya informasi terkini.

Ada empat tipe pemrosesan data yang biasa disingkat CRUD yaitu

  1. Create
    Pada aktivitas create ini akan dimasukkan data entitas baru atau data transaksi baru. Sebagai contoh adalah memasukkan data pelanggan baru.
  2. Read
    Pada tipe pemrosesan read ini adalah pemrosesan pembacaan data. Contoh reading atau pembacaan data dalam sistem informasi akuntansi adalah membaca laporan keuangan perusahaan.
  3. Update
    Pada tipe pemrosesan update ini dilakukan pembaruan data. Sebagai contoh tipe pemrosesan update adalah pembaruan data piutang atau account receivables saat terjadi transaksi pengiriman barang.
  4. Delete
    Tipe pemrosesan data transaksi delete adalah penghapusan data yang dianggap tidak relevan lagi. Sebagai contoh penghapusan data pelanggan yang sudah tidak aktif lagi. Dalam aplikasi Sistem Informasi Akuntansi yang tersusun dengan baik biasanya tidak ada aktivitas penghapusan delete, tetapi digantikan dengan memberikan status didelete saja supaya history transaksi tetap terjaga.

Perkembangan teknologi yang cepat terutama infrastruktur internet yang semakin cepat semakin memudahkan perusahaan untuk memasukkan data transaksi saat transaksi terjadi. Pemrosesan data yang terjadi saat transaksi terjadi ini disebut online atau real-time processing.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Pemrosesan data Sistem Informasi Akuntansi
× Ada yang dapat saya bantu ?