Secure Email Services

Kita telah membahas mengenai siklus pendapatan atau revenue cycle yang merupakan bagian penting dari perusahaan supaya tetap hidup dan mempunyai kesempatan untuk bertumbuh. Sebagai bagian dari revenue cycle ini kita telah membahas sales order entry atau pesanan penjualan dari pelanggan.

Kemudian setelah penjual memesan barang kepada kita, kita kemudian mengirimkan barang kepada pelanggan dan kita telah membahasnya dalam proses bisnis shipping atau pengiriman kepada pelanggan. Setelah kita mengirimkan barang kepada pelanggan maka kita akan menagih pembayaran kepada pelanggan dan kita masuk ke proses bisnis penagihan kepada pelanggan.

Penagihan kepada pelanggan ini dilakukan oleh staf bagian keuangan. Staf ini akan memeriksa setiap pengiriman barang kepada pelanggan yang telah dilakukan bagian logistik. Staf ini juga akan memelihara catatan piutang pelanggan, kemudian berusaha menghubungi pelanggan supaya segera melakukan pembayaran.

Bagian penagihan ini merupakan bagian yang penting bagi perusahaan karena bagian ini akan menggerakkan pelanggan untuk membayar kas, mengirimkan kas kepada perusahaan dan memberikan lebih banyak nafas kepada perusahaan untuk terus menjalankan aktivitas bisnisnya.

Keluaran dari proses bisnis billing atau penagihan ini adalah informasi piutang atau account receivables yang tentu saja akan masuk ke dalam ledger atau buku besar. Dari buku besar ini tentu bisa dilanjutkan dengan pembuatan report atau laporan. Team sales juga akan menerima informasi mengenai status pembayaran dari setiap pelanggan yang ditanganinya.

Itulah proses bisnis penagihan kepada pelanggan yang merupapakan kelanjutan proses bisnis dari pemesanan barang dan pengiriman barang kepada pelanggan. Proses bisnis penagihan merupakan bagian revenue cycle yang akan menggerakkan penerimaan kas perusahaan yang merupakan jantung bisnis perusahaan.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Proses bisnis penagihan kepada pelanggan
× Ada yang dapat saya bantu ?