Secure Email Services

Kita telah mempelajari mengenai proses bisnis sales order entry di mana pelanggan atau calon pelanggan memesan produk baik barang atau jasa kepada kita. Selanjutnya kita melanjutkan ke proses bisnis selanjutnya yaitu proses bisnis pengiriman baik barang atau jasa. Kemudian kita juga telah membahas proses bisnis penagihan kepada pelanggan.

Proses bisnis penagihan ini akan dilanjutkan dengan penerimaan kas dari pelanggan. Pada proses bisnis penerimaan kas ini biasanya perusahaan akan menerima pembayaran melalui transfer bank. Staf bagian keuangan akan mengidentifikasi setiap transaksi yang masuk dalam rekening bank, mencocokkan dengan konfirmasi pembayaran dari pelanggan dan memasukkan informasi pembayaran dari tiap pelanggan ke dalam sistem informasi akuntansi.

Pada saat memasukkan informasi pembayaran pelanggan ke dalam sistem informasi akuntansi, staf bagian keuangan akan mencocokkan pembayaran ke invoice atau tagihan terkait. Dari aktivitas ini maka piutang atau account receivable dari pelanggan akan berkurang. Team sales dapat melihat informasi ini dan tentu senang dengan pelanggan yang rajin melakukan pembayaran.

Ada juga perusahaan yang menerima pembayaran giro dari pelanggannya. Di sini staf bisa langsung memasukkan pembayaran giro ke dalam sistem informasi akuntansi, tetapi jangan diposting dulu sebelum cair. Jadi di sini prosesnya pada saat menerima giro informasi penerimaan giro dimasukkan  ke dalam sistem informasi akuntansi, setelah dana giro cair maka baru penerimaan pembayaran ini disahkan dengan demikian catatan arus kas di dalam rekening bank sama dengan catatan sistem informasi akuntansi kita

Pada proses bisnis penerimaan kas ini kita akan menerima monthly statement dari bank kemudian kita mungkin perlu mengeluarkan kuitansi kepada pelanggan kita sebagai bukti kita telah menerima pembayaran dari pelanggan kita.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Proses bisnis penerimaan pembayaran pelanggan
× Ada yang dapat saya bantu ?