Secure Email Services

Kalau pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai pentingnya otorisasi, catatan dan dokumentasi dalam suatu transaksi terkait aset maka kita melanjutkan dengan pengamanan mengenai aset sendiri dan juga pengamanan mengenai data aset serta catatan-catatan. Di sini perusahaan perlu memikirkan langkah-langkah untuk pengamanan aset yang penting bagi perusahaan.

Untuk aset yang disimpan dalam gudang maka harus ada prosedur mengenai siapa saja yang bisa masuk gudang, prosedur masuk gudang, prosedur keluar gudang dan sebagainya. Biasanya karyawan yang akan masuk gudang akan diperiksa oleh petugas keamanan. Begitu juga saat akan keluar gudang maka karyawan gudang harus diperiksa oleh petugas keamanan. Pemeriksaan ini untuk mencegah pencurian aset perusahaan yang ada di gudang.

Untuk pengamanan aset perusahaan yang ada di dalam gudang ini tentu juga didukung oleh gudang yang aman. Pintu gudang hanya bisa dibuka oleh orang tertentu saja. Kemudian sebaiknya ada cctv yang merekam secara otomatis segala aktivitas yang terjadi pada gudang tersebut.

Prosedur keluar masuk barang juga perlu ada otorisasi. Misalnya ada yang menyiapkan barang dan memasukkan barang ke dalam aplikasi dan ada juga yang approve. Kalau perlu ada tambahan pengecekan ulang di security yang terintegrasi dengan sistem untuk mencegah suatu delivery dengan nomor yang sama dipakai lebih dari satu kali.

Perusahaan juga harus memiliki catatan mengenai setiap aset yang penting. Catatan ini harus disimpan dalam suatu komputer dan perusahaan harus memastikan bahwa penyimpanan ini aman. Aman di sini adalah memiliki backup jika terjadi kerusakan komputer. Aman di sini bahwa catatan ini hanya dipegang oleh orang tertentu dan tidak semua orang bisa akses.

Perusahaan perlu memikirkan penggunaan password pada setiap data digital . Misalnya database pelanggan yang ada di Excel harus dilindungi supaya seandainya jatuh ke tangan orang yang tidak berhak data tetap aman. Di sini berarti file Excel tersebut harus dilindungi dengan password.

Perusahaan harus memiliki prosedur untuk membatasi akses ke aset-aset penting. Sebagai contoh komputer yang biasa digunakan untuk transaksi keuangan perusahaan harus ditempatkan dalam ruangan khusus yang terlindungi secara fisik. Begitu juga akses terhadap ruang penyimpanan kas kecil atau brankas harus dilindungi dari akses yang tidak sah.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Pengamanan aset berikut data dan catatannya
× Ada yang dapat saya bantu ?