Secure Email Services

Kita telah membicarakan mengenai MRP (Material Requirements Plan), JIT (Just In Time) inventory dan PR (Purchase Request) dan saatnya untuk menentukan supplier. Di sini kita akan mencari supplier-supplier dan menentukan minimal satu supplier dan beberapa supplier sebagai cadangan.

Secara umum kita akan meminta penawaran harga kepada supplier-supplier untuk barang-barang yang kita butuhkan. Kemudian kita akan membandingkan harga antar supplier-supplier tersebut. Kita akan mencari supplier yang harganya masuk dalam anggaran perusahaan. Pertimbangan ini masuk akal karena dalam bisnis kita menginginkan pendapatan sebesar-besarnya dengan biaya sekecil-kecilnya.

Selain harga maka perusahaan perlu juga memperhatikan kualitas dari produk atau jasa yang ditawarkan. Kualitas yang ditawarkan oleh supplier ini juga tentu harus disesuaikan dengan kebijakan mutu yang ditetapkan perusahaan. Perusahaan tentu memiliki minimal kualitas yang dapat diterima oleh pelanggan dan juga harga yang diterima pelanggan. Di sini perusahaan perlu memperhatikan kualitas yang ditawarkan supplier-supplier tentu dengan harga yang dapat diterima perusahaan.

Setelah kita mempertimbangkan harga dan kualitas maka pertimbangan selanjutnya adalah kapan barang atau jasa dapat kita terima sejak kita memberikan purchase order. Kita tentu mengharapkan barang cepat datang sejak kita mengirimkan purchase order. Di sinilah kita juga memperhitungkan supplier mengirimkan barang kepada kita sejak kita melakukan pemesanan, apalagi jika kita menerapkan strategi JIT (Just In Time) inventory, maka kita membutuhkan supplier yang dapat mengirimkan barangnya secara cepat.

Perusahaan perlu membuat kandidat supplier sebanyak masing-masing tiga supplier untuk masing-masing barang. Tujuannya supaya perusahaan kita tidak tergantung kepada satu supplier saja. Tentu saja ada supplier utama yang kita pegang untuk mendapatkan harga terbaik, tetapi tidak ada salahnya kita memiliki daftar supplier cadangan untuk mengantisipasi jika supplier utama kita ada masalah atau kehabisan barang.

Setelah mendapatkan daftar supplier maka kita memasukkan kandidat-kandidat supplier ini ke dalam sistem informasi akuntansi untuk memberikan arahan kepada bagian pembelian dalam memproses purchase request menjadi purchase order.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Pemilihan supplier dengan cermat
× Ada yang dapat saya bantu ?