Secure Email Services

Dari kosa kata yang dipakai kita dapat memahami bahwa primary key ini berarti kunci utama. Begitu juga dalam relational database ini kita memiliki pehamaman bahwa primary key ini pemegang kunci utama dalam sebuah tabel. Primary key inilah yang membedakan antara sebuah record dengan record lainnya.

Kita mengetahui bahwa dalam sebuah database akan memiliki banyak tabel. Pada setiap tabel ini banyak sekali record atau ada juga yang menyebutnya tuple.

Pada tabel ini mungkin saja ada dua atau lebih record yang memiliki data sama pada suatu field. Sebagai contoh pada tabel pelanggan ada pelanggan  dengan nama PT Proweb Indonesia dengan field propinsi DKI, kemudian ada juga PT Trans Jakarta dengan field propinsi DKI. Dengan demikian maka akan banyak record dengan provinsi yang sama. Kemudian apa yang membedakan antara record   satu dengan dengan yang lain ini ?

Kita bisa menebak bahwa nama perusahaan dapat dijadikan primary key karena harusnya setiap record berisi nama perusahaan yang berbeda. Pendapat itu benar, tetapi belum tentu praktis dalam kita mengembangkan aplikasi kita. Kita akan memberikan penjelasan lebih lanjut pada artikel berikutnya.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Primary key dalam database relasional
× Ada yang dapat saya bantu ?