Secure Email Services

Departemen teknis atau engineering department bertanggung dalam merancang produk dan spesifikasinya. Engineer akan merancang komponen penyusun dari sebuah produk jadi. Pada saat menyusun komponen-komponen penyusunnya ini, engineer juga akan melihat harga atau biaya dari komponen-komponen penyusunnya. Komponen-komponen penyusun ini juga disebut dengan BOM atau Bill of Material. Pada BOM ini akan disajikan penyusun-penyusun barang beserta harga masing-masing penyusun dan juga kuantitas yang dibutuhkan pada setiap komponen-komponen penyusun ini.

Engineer kemudian akan membuat dokumentasi mengenai bagaimana membuat produk tersebut. Hasilnya adalah operation list yang berisi langkah-langkah membuat produk tersebut. Pada operation list ini akan menjalankan apa saja yang dijalankan oleh tiap-tiap mesin produksi dalam setiap langkah produksi. Di sini engineer sebaiknya juga dapat menghitung biaya yang dapat diaplikasi untuk setiap operation list ini untuk bisa memperkirakan nilai COGS barang tersebut.

Team sales kemudian memasukkan sales order dan sales forecast ke dalam sistem informasi akuntansi. Departemen production planning kemudian akan menggunakan informasi sales order, sales forecast dan stok yang barang jadi yang ada di gudang untuk membuat master production schedule dan membuat production order order untuk menggerakkan tim produksi melakukan proses produksi sesuai penjadwalan yang sudah dibuat dalam master schedule.

Proses produksi dilanjutkan dengan pengiriman bahan baku dari gudang bahan baku ke gudang produksi. Sistem informasi akuntansi akan mencatat pergerakan barang ini dan dicatat sebagai WIP (Work In Process) pada RM (Raw Material).  Selama proses produksi sistem informasi akuntansi juga akan mencatat tenaga yang digunakan dan dikumpulkan dalam WIP (Work In Process). Biaya penggunakaan mesin-mesin pabrik juga akan dimasukkan ke dalam sistem informasi akuntansi untuk menentukan COGS.

Dengan demikian sistem informasi akuntansi dalam siklus produksi menggunakan data yang bersumber dari operasional dan keuangan.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Proses memproduksi barang manufaktur
× Ada yang dapat saya bantu ?