Secure Email Services

Setelah bagian pembelian menerima purchase request dari berbagai departmen dalam perusahaan kemudian dan melakukan pemilihan supplier secara cermat maka perusahaan melakukan purchase order atau pemesanan pembelian kepada supplier.

Pada dokumen purchase order ini akan tertera nama supplier dan juga alamatnya. Kemufian akan dicantumkan juga nama perusahaan kita sebagai pembeli, dan juga alamat tujuan pengiriman. Tujuan pengiriman ini merupakan lokasi gudang untuk penerimaan barang.

Kapan barang diharapkan datang juga perlu disampaikan dalam purchase order. Informaso ini penting baik sebagai catatan pembeli maupun supplier. Dari sisi supplier tentu akan digunakan dalam perencanaan pengiriman barang. Dari sisi pembeli akan dipakai untuk perencanaan proses produksi maupun dijual lagi kepada pelanggan-pelanggannya.

Kemudian pada purchase order ini akan memuat juga barang-barang yang dipesan beserta jumlahnya, dan juga harga yang telah disepakati bersama. Dengan demikian maka purchase order ini juga mengikat harga kepada supplier dan juga merupakan kontrak komitmen perusahaan untuk melakukan pembayaran sesuai harga ini.

Dalam satu purchase request mungkin akan membuat banyak purchase order mengingat variasi barang yang diminta membutuhkan supplier yang berbeda. Begitu juga satu purchase order bisa berisi beberapa purchase request untuk mendapatkan harga terbail dari supplier. Dengan demikian relasi antara purchase request dengan purchase order adalah many to many.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Purchase order atau pesanan pembelian
× Ada yang dapat saya bantu ?