Secure Email Services

RBAC adalah kependekan dari Role-Based Access Control. Dari kepanjangannya tersebut kita bisa memahami bahwa RBAC merupakan bagian pengendalian internal perusahaan. Secara frase kita dengan mudah memahami bahwa RBAC ini adalah pengendalian akses berdasarkan role.

Perusahaan yang baik akan merancang struktur organisasi yang baik dan teratur. Dalam struktur organisasi ini tentu ada staf pembelian, manajer pembelian, sales, sales manager, staf keuangan, direktur keuangan, direktur utama dan seterusnya.  Pada setiap bagian dari struktur organisasi ini tentu ada pembagian pekerjaan dan kewenangan sesuai rancangan dari departmen HRD atau departemen sumber daya manusia.

Pembagian kerja di perusahaan didasarkan pengertian bahwa seorang saja tentu tidak mungkin menjalankan perusahaan sendiri. Perusahaan dapat berjalan jika ada karyawan-karyawan yang menjalankan semua fungsi yang ada dalam perusahaan.
Pertimbangan lain dalam pembagian kerja perusahaan pengendalian internal perusahaan terutama pengendalian aset perusahaan terhadap kemungkinan kecurangan atau fraud. Sebagai contoh pemisahan bagian penagihan ke pelanggan dengan bagian penerimaan pembayaran dari pelanggan.

Dari apa yang terjadi di kondisi nyata struktur organisasi perusahaan ini kemudian dimasukkan ke aplikasi Proweb Ultima ERP sebagai role-role. Dalam setiap role ini akan mendefinisikan program apa saja yang dapat diakses oleh setiap rule dan juga batas wewenang apa yang akan diberikan pada setiap program tersebut.
Kemudian setiap user akan dipetakan ke satu atau beberapa role sesuai bagian dia dalam struktur organisasi perusahaan.

Pada tingkat pengendalian lain adalah level dari pengguna. Jika levelnya departemen maka informasi yang muncul adalah department, jika levelnya cabang maka dapat mengakses tingkat cabang, jika levelnya corporate maka dapat mengakses di tingkat perusahaan.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

RBAC untuk pengendalian internal
× Ada yang dapat saya bantu ?