Secure Email Services

Dalam penyusunan kardinalitas dari REA (Resources, Events, Agents) kita dapat mengungkapkan model bisnis perusahaan. Secara nyata akan ada banyak variasi yang terjadi dalam kardinalitas REA suatu perusahaan dalam suatu siklus bisnis. Variasi ini juga menunjukkan variasi dari organisasi perusahaan.

Saat perusahaan berdiri mungkin hanya melayani penjualan langsung dengan demikian maka relasi antara penjualan dan pembayaran adalah one-to-one. Seiring dengan berkembangnya perusahaan maka perusahaan memerlukan event pemesanan pelanggan. Kemudian terciptalah relasi pemesanan pelanggan dan penjualan. Dengan demikian maka REA berkembang lagi dalam perusahaan tersebut.

Seiring dengan berkembangnya bisnis perusahaan maka ada juga suatu pesanan pelanggan yang dikirimkan dengan pengiriman lebih dari sekali. Dengan demikian maka relasi pesanan penjualan dan pengiriman penjualan adalah one-to-many. Berkaitan dengan pembayaran dari pelanggan relasi antara penjualan dan penerimaan penjualan saat ini adalah one-to-one.

Setelah melayani pemesanan dilanjutkan pengiriman kemudian penerimaan pembayara, ternyata ada pelanggan yang membayar dengan pembayaran sebagian. Dengan demikan maka relasi penjualan dan penerimaan pembeyaran tidak lagi one-to-one tetapi one-to-many. Maka di sini ada perubahan kardinalitas lagi relasi penjualan ke penerimaan pembayaran yang sebelumnya one-to-one menjadi one-to-many. Perkembangan dari transaksi berikutnya adalah pelanggan membayar sekaligus beberapa tagihan dari penjualan ini akibatnya relasi dari penjualan ke penerimaan kas penjualan adalah many-to-one.

Dari penjelasan di atas relasi kardinalitas dalam organisasi perusahaan bisa berubah-ubah sesuai dengan perkembangan bisnis perusahaan. Jika programmer mengikuti perubahan ini maka tidak mudah menyesuaikannya. Dengan demikian maka programmer perlu memiliki wawasan berbagai kemungkinan relasi kardinalitas yang mungkin sehingga dapat menyiapkan berbagai kemungkinan kardinalitas.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

REA dan organisasi perusahaan
× Ada yang dapat saya bantu ?