Secure Email Services

Langkah-langkah membuat diagram REA (Resources, Events dan Agents) pada sebuah siklus bisnis adalah

  1. Mengidentifikasi event-event yang berhubungan
    Langkah pertama dalam pengembangan diagram REA adalah identifikasi event-event atau aktivitas-aktivitas yang menjadi bagian dari sebuah siklus proses bisnis perusahaan.  Kita dapat mengurutkan event-event datau aktivitas-aktivitas ini dalam sebuah daftar yang rapi dan tentu saja logis yang memudahkan pemahaman mengenai event-event yang ada dalam sebuah proses bisnis.
  2. Mengidentifikasi resources dan agents
    Langkah berikutnya adalah mengidentifikasi give-to-get-resources. Pada setiap event kita dapat mengidentifikasi apakah ada resources yang diberikan dan apakah ada resources yang diperoleh. Kita juga dapat mengidentifikasi agent-agent yang berperan misalnya karyawan, vendor, karyawan, kreditor, pemerintah dan lain sebagainya.
  3. Menentukan kardinalitas
    Kita kemudian akan menentukan kardinalitas dari suatu resources ke event dan juga event ke resources atau event satu ke event lain demikian seterusnya. Kardinalitas ini dapat berupa one-to-one, one-to-many atau many-to-many

Diagram-diagram kemudian kita susun dengan tiga buah kolom: paling kiri diisi resources, tengah diisi event-event, paling kanan diisi dengan agent-agent. Event-event ini disusun ke bawah dan dituliskan juga kardinalitas antara resources, events dan agents. Demikianlah penjelasan secara garis besar langkah-langkah pengembangan diagram REA (Resources, Events dan Agents).

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Langkah-langkah pengembangan diagram REA
× Ada yang dapat saya bantu ?