Secure Email Services

Kalau sebelumnya kita membahas bagaimana membuat rancangan yang salah dengan membuat sales_invoice yang dijadikan satu tabel, kita akan membahas rancangan lain yang juga salah. Rancangan yang salah itu adalah membuat variasi field dalam sebuah tabel.

Kemungkinan kita akan membuat rancangan yang kita pikir mudah yaitu dengan membuat variasi pada itemnya. Jadi akan ada tabel invoice dengan field-field:

  1. Nomor invoice
  2. Nama pelanggan
  3. Alamat
  4. Barang 1
  5. Harga 1
  6. Barang 2
  7. Harga 2
  8. Barang 3
  9. Harga 3
  10. Barang 4
  11. Harga 4
  12. Barang 5
  13. Harga 5

Kita mungkin berpikir bahwa rancangan ini akan mempermudah pekerjaan kita. Tetapi lihatlah bahwa kita hanya bisa membuat sales_invoice hanya sampai dengan 5 item saja. Jadi rancangan dengan membuat variasi field dalam tabel ini merupakan rancangan yang salah juga.

Atau mungkin kita berpikir bahwa kita mudah menambah field, tapi mau menambah field sampai berapa ? Andaikata ada sales_invoice dengan 100 item maka kita perlu tambahan 200 field. Dan tambahan 200 field ini bukan masalah kecil dalam hal kerumitan aplikasi yang akan dibangun.

Dengan demikian kita perlu memikirkan rancangan tabel lain yang lebih bijaksana dan dapat mengatasi kesulitan-kesulitan yang baru saja kita bicarakan baik di dalam artikel ini maupun artikel sebelumnya.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Rancangan salah dengan variasi field dalam tabel
× Ada yang dapat saya bantu ?