Secure Email Services

Kita telah membahas bahwa pengembangan aplikasi dengan metode SDLC atau waterfall approach tidak dapat mengakomodasi pengembangan aplikasi di mana kebutuhan user terus berubah sedangkan SDLC atau waterfall ini lebih cocok untuk kebutuhan pengembangan aplikasi di mana kebutuhan usernya sudah ditentukan. Pada akhir pembahasan kita membahas bahwa salah satu metodologi untuk pengembangan aplikasi yang dapat mengakomodasi kebutuhan user yang terus berubah adalah metodologi scrum.

Metodologi scrum ini akan melibatkan tim pengembangan software yang bekerja sama secara intens tetapi pada rentang waktu yang relatif pendek untuk mencapai suatu tujuan bagian dari pengembangan aplikasi. Proses iterasi dan incrementasil terjadi terus-menerus dan untuk keperluan koordinasi dilakukan meeting setiap hari hingga pengembangan aplikasi selesai.

Proses scrum terdiri dari tiga roles yaitu

  1. Product owner
    Product owner ini customer atau client yang memastikan bahwa team pengembang aplikasi mengembangkan aplikasi sesuai kebutuhan client. Product owner bekerja sama dengan user mendefinisikan kebutuhan atau user stories dan mencatatnya di product backlog. Product owner kemudian membuat prioritas apa saja yang akan diprioritaskan untuk dikerjakan oleh pengembang aplikasi.
    Product owner juga memperhatikan sisi bisnis dari proyek pengembangan aplikasi ini, bekerja sama dengan user untuk mendapatkan kebutuhan user dan mengkomunikasikan dengan team pengembang. Jadi peran product owner ini sebagai jembatan antara users dan team scrum.
  2. Team members
    Team members ini tentu tim yang ada dalam pengembangan aplikasi dalam melakukan pemrograman, melakukan testing, dan melakukan delivery aplikasi pada akhir scrum sprint. Sprint ini seperti halnya lari cepat merupakan item prioritas yang ada di product backlog yang harus dikerjakan dalam waktu yang sudah ditentukan.
  3. Scrum master
    Scrum master ini merupakan seorang fasilitator yang mengarahkan dan memastikan bahwa prinsip-prinsip dapat dijalankan dengan baik dan secara tidak langsung membantu tim untuk mengelola dengan baik project ini. Scrum master ini bekerja sama dengan product owner untuk memastikan bahwa product backlog dapat dikelola dengan baik. Scrum master ini juga melakukan meeting harian untuk mengevaluasi apa yang sudah dikerjakan kemarin, apa yang akan dikerjakan hari ini dan hambatan-hambatan apa saja yang bisa dihindari.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Metodologi Scrum dalam Pengembangan Aplikasi
× Ada yang dapat saya bantu ?