Secure Email Services

Kita sudah membahas mengenai alasan perlunya perusahaan menggunakan aplikasi. Setelah perusahaan menyadari perlunya memiliki aplikasi sistem informasi perusahaan maka tentu saja perusahaan akan melakukan langkah-langkah untuk mewujudkan adanya aplikasi sistem informasi pada perusahaan tersebut.

Dalam sistem pengembangan aplikasi, kita mengenal adanya SDLC yang merupakan kependekan dari System Development Life Cycle.
Lima langkah dalam SDLC adalah

  1. System Analysis atau menganalisa system
    Pada langkah ini perusahaan akan menganalisa kebutuhan sistem informasi perusahaan. Perusahaan akan mengumpulkan informasi dan menganalisa  apakah akan  membeli sistem informasi perusahaan yang baru, melakukan pengembangan internal atau memodifikasi sistem yang ada. Perusahaan pasti akan mempertimbangkan sumber daya yang ada dalam menentukan mana pilihan yang akan diambil.
  2. Conceptual Design atau merancang konsep
    Pada tahap conceptual design ini perusahaan akan mengambil keputusan-keputusan supaya sistem informasi dapat memenuhi kebutuhan pengguna-pengguna yang berada di dalam perusahaan tersebut. Pada fase ini akan mengevaluasi dan mengambil keputusan apakah membeli software, mengembangkan secara internal, melakukan outsource ke pihak luar, atau memodifikasi sistem yang sudah ada. Pada tahap ini akan menghasilkan spesifikasi sistem informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan.
  3. Physical Design atau perancangan secara fisik
    Dalam tahap physical design akan dihasilkan gambaran yang lebih jelas seperti flow chart, input dan output dan juga rancangan tabel pada tahap awal.  Gambar-gambar tersebut didokumentasikan untuk memberikan arahan kepada pengembangan sistem informasi perusahaan. Langkah berikutnya adalah pembuatan tabel-tabel database dan pembuatan program sampai selesai sesuai kebutuhan perusahaan,
  4. Implementation and Conversion atau implementasi dan konversi
    Pada tahap ini pengembangan aplikasi sudah sampai pada tahap akhir. Hardware dan software diinstal, kalau menggunakan cloud maka tidak perlu melakukan pembelian server secara fisik. Semua staf diberikan pelatihan. Data lama dimasukkan ke sistem baru dan sistem live mulai berjalan. Proses dokumentasi juga tersedia pada fase ini.
  5. Operation and maintenance atau operasional dan pemeliharaan
    Setelah perusahaan menggunakan sistem informasi perusahaan yang baru, maka perusahaan masuk kepada tahap operasional dan pemeliharaan. Jika menggunakan server secara fisik maka perlu dilakukan pemeliharaan server secara rutin, tetapi jika menggunakan cloud maka pemeliharaan diserahkan kepada provider aplikasi dan juga provider cloud. Pada fase ini dimungkinkan adanya perubahan-perubahan kecil sesuai kebutuhan perusahaan.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Lima langkah SDLC (System Development Life Cycle)
Tagged on:     
× Ada yang dapat saya bantu ?