Secure Email Services

Bagian penting dalam meningkatkan integritas etika kerja karyawan adalah kejujuran, sebaliknya bagian terlemah dalam pengendalian internal perusahaan adalah ketidakjujuran. Pengembangan sumber daya manusia yang baik juga memegang penting dalam pengendalian internal perusahaan.

Beberapa pertimbangan dalam pengembangan sumber daya manusia dan pengendalian internal perusahaan adalah:

  1. Rekruitmen yang baik
    Pada saat rekruitmen kita harus mencari kandidat sesuai kebutuhan perusahaan. Sebelum mencari kandidat, perusahaan sudah menyiapkan catatan mengenai kemampuan yang diharapkan dari kandidat.
    Perusahaan juga perlu melacak latar belakang pelamar, pastikan informasi yang disampaikan kandidat adalah jujur. Pada masa teknologi tinggi ini, perusahaan perlu menyelidikan akun media sosialnya untuk bisa memberikan gambaran karakter dari kandidat
  2. Evaluasi kerja yang baik
    Evaluasi kerja yang baik dan adil akan memberikan kenyamanan kepada para karyawan. Sebaliknya ketidakadilan dalam evaluasi kerja dapat menciptakan rasa dendan karyawan dan bisa menggunakan dendamnya untuk melakukan fraud atau kecurangan.
  3. Training yang tersusun rapi
    Dengan adanya training maka karyawan dapat diajari nilai-nilai etis perusahaan terutama mengenai kejujuran.
  4. Pendekatan karyawan yang tidak puas
    Departemen sumber daya manusia harus bisa menangani karyawan yang tidak puas supaya tidak melakukan fraud atau kecurangan
  5. Penanganan karyawan yang sudah keluar
    Perusahaan harus segera menutup akses informasi terutama login begitu seorang karyawan mengundurkan diri atau dipecat dari perusahaan. Hal ini perlu untuk mencegah penghancuran sistem informasi perusahaan.
  6. Wajib cuti dan rotasi kerja
    Wajib cuti maupun rotasi kerja ini memberikan kesempatan kepada perusahaan supaya pekerjaan orang yang cuti atau dirotasi secara tidak langsung dicek oleh penggantinya. Dengan demikian jika ada kecurangan atau fraud dapat terungkap di sini.
  7. Menghukum pelanggan aturan
    Perusahaan harus punya wibawa kepada karyawan. Salah satu wibawa ini adalah berani menegakkan aturan dengan menghukum pelanggar aturan perusahaan. Jika perusahaan punya wibawa maka karyawan akan cenderung mengikuti aturan perusahaan.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

 

Pengembangan sumber daya manusia dan pengendalian internal
× Ada yang dapat saya bantu ?