Secure Email Services

Proses selanjutnya dari sales order adalah shipping atau pengiriman barang kepada pelanggan. Seperti halnya sales order entry, proses bisnis shipping atau pengiriman barang ini juga termasuk dalam revenue cycle atau siklus pendapatan dalam perusahaan. Kita juga telah mempelajari bahwa setiap perusahaan harus memiliki revenue cycle atau memiliki siklus pendapatan agar perusahaan tetap hidup dan bertumbuh.

Aktivitas-aktivitas dalam pengiriman barang adalah

  1. Mengirimkan barang ke pelanggan melalui perusahaan ekspedisi atau menggunakan pengiriman perusahaan.
    Di sini tim logistik tidak perlu mengetahui harga barang yang dikirimkan. Tim logistik pengiriman ini hanya perlu berapa yang yang harus dikirimkan kepada pelanggan tersebut.
  2. Untuk perusahaan yang menggunakan aplikasi terintegrasi maka aktivitas ini akan mengupdate sales order terkait mengenai jumlah barang yang sudah dikirimkan.  Team sales juga dapat memantau mana saja yang sales ordernya sudah dilakukan pengiriman dan mana yang belum. Informasi yang uptodate ini penting jika pelanggan menanyakan kepada sales yang bersangkutan mengenai status barang yang dipesannya.
  3. Untuk perusahaan yang menggunakan aplikasi terintegrasi maka informasi pengiriman barang ini akan diketahui oleh bagian penagihan untuk selanjutnya ditindaklanjuti pembuatan tagihan kepada pelanggan. Berkaitan dengan prinsip akuntansi, bahwa pendapatan dapat diakui setelah barang atau jasa diserahkan kepada pelanggan. Dengan demikian setelah ada kepastian bahwa pelanggan telah menerima barang pesanannya maka bagian keuangan atau bagihan penagihan dapat melakukan penagihan kepada pelanggan tersebut.

Itulah proses bisnis pengiriman barang yang merupakan kelanjutan dari proses bisnis sales order entry. Proses bisnis shipping ini juga merupakan proses diakuinya pendapatan dalam sistem informasi akuntansi.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Proses bisnis shipping atau pengiriman barang kepada pelanggan
× Ada yang dapat saya bantu ?