Secure Email Services

Pada saat penerapan SIA (Sistem Informasi Akuntasi) pada perusahaan maka hampir semua karyawan perusahaan mulai dari pembelian, gudang, penjualan, keuangan dan akuntansi akan menggunakan Sistem Informasi Akuntansi ini. Di sisi lain pihak pengembang aplikasi juga harus menyesuaikan aplikasinya supaya sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut. Dengan demikian perlu ada kerjasama dari manajemen perusahaan, semua pimpinan departement, pengguna, dan penyedia aplikasi.

Dengan demikian maka perlu dibuat sebuah tim yang terdiri dari

  1. Management
  2. Pengguna
  3. Kepala bagian IT
  4. Team pengembangan aplikasi
  5. Sistem analis dan programmer

Management
Di sini manajement sangat berperan dalam menentukan kesuksesan penerapan sistem informasi karyawan. Peran manajemen dalan penerapan SIA adalah

  1. menekankan kepada seluruh karyawan mengenai pentingnya SIA ini bagi perusahaan.
  2. Memberikan dukungan dan semangat pengembangan aplikasi SIA dan memastikan aplikasi yang akan dipakai seduai dengan strategi perusahaan.
  3. Membuat pemimpin-pemimpin dari setiap departemen untuk memastikan keberhasilan penerapan SIA ini dan berpartisipasi dalam pengambilan keputusan penting.
  4. Management juga menentukan kebutuhan dan menganalisa cost benefit.
  5. Menugaskan seorang staf untuk memimpin project ini.
  6. Mengalokasikan anggaran untuk pengembangan dan implementasi AIS.

 

Pengguna
Pengguna yang akan menggunakan SIA ini dilibatkan supaya dia dapat menerapkan dengan baik dan merasa memiliki SIA ini sebagai bagian dari pekerjaannya.

Komite Sistem Informasi
Komite sistem informasi akan merencanakan dan mengawasi fungsi-fungsi yang disediakan SIA ini. Komite ini terdiri dari bagian akuntansi yaitu controller, bagian informasi teknologi dan perwakilan pengguna setiap departement. Komite ini akan menetapkan kebijakan SIA, memastikan partisipasi top manajemen, pengarahan dan pengawasan juga koordinasi berbagai aktifitas. Jadi Komite Sistem Informasi ini bersifat koordinasi di tingkat manajemen.

Project Development Team
Pada Project Development Team ini ada system analis dan specialis, akuntan, dan pengguna untuk mengarahkan pengembangan. Member ini akan memonitor setiap project, memastikan tepat waktu dan tepat biaya dan pertimbangan lain. Team ini akan melakukan reguler meeting dan berkomunikasi dengan pengguna untuk melaporkan perkembangan aplikasi SIA ini. Jadi team ini akan memonitor bahwa development berjalan lancar sesuai kebutuhan, timeline dan biaya.

System Analyst dan Programmer
System analis akan menganalisa kebutuhan pengguna, mempelajari sistem yang ada dan merancang sistem yang baru dan menyiapkan spesifikasi-spesifikasi yang akan dipakai oleh programmer.  Sistem analyst akan berhubungan dengan seluruh karyawan perusahaan untuk menjembatani gap antara pengguna dan teknologi. Sistem analis bertanggung jawab bahwa aplikasi SIA yang dikembangkan memenuhi kebutuhan pengguna. Programmer akan membuat program sesuai spesifikasi yang dibuat oleh sistem analyst.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Tim pengembangan dan implementasi SIA
× Ada yang dapat saya bantu ?